adsense

Tak Ada Makhluk Sempurna Kecuali Tuhan

Kata sempurna yang dalam bahasa Inggrisnya perfect, merupakan kata yang acap kali diucapkan oleh seseorang untuk mengungkapkan rasa kekaguman kepada orang lain maupun kepada makhluk selain manusia.
Namun pada hakikatnya, semua makhluk ciptaan Tuhan tak ada yang sempurna. Walaupun setiap makhluk mempunyai sederet kelebihan, akan tetapi masih juga ada kelemahan yang melekat pada diri makhluknya. Hal itu menandakan bahwa kita sebagai makhluk ciptaan-Nya, harus menyadari akan hal itu. Tidaklah pantas jika kita menyombongkan diri, karena yang berhak sombong sebenarnya hanyalah Tuhan kita yaitu Allah SWT.

Sebagai manusia, kita tidak luput dari kesalahan-kesalahan. Perlu disadari bahwa kesalahan itu bisa terjadi kapan pun, di mana pun, oleh siapa pun dan itu bukan merupakan kebodohan yang nyata. Sebab kesalahan datangnya tidak kita rencanakan, maka tak sepantasnya kita patah semangat dalam menjalani hitam putih kehidupan ini.

Banyak hal yang benar dapat dilakukan setelah terjadi kesalahan. Dengan kesalahan itu kita bisa berbenah diri dan introspeksi diri. Begitulah salah satu cara yang sengaja Tuhan berikan kepada kita agar kita mampu mengambil pelajaran dari ketidaksempurnaan dalam diri kita. Setelah kita melakukan kesalahan pada masa lalu, maka sadarlah kita untuk berusaha menjadi lebih baik lagi dengan tidak melakukan kesalahan yang sama. Maka Tuhan akan turunkan hikmah dari segala peristiwa agar tersyukur segala nikmat-Nya. Dari situ lah kita tahu bahwa rencana Tuhan memang indah bahkan selalu indah.
Tak Ada Makhluk Sempurna Kecuali Tuhan Tak Ada Makhluk Sempurna Kecuali Tuhan Reviewed by Muhakimberfikir on March 08, 2014 Rating: 5

No comments:

Sangat mulia bila meninggalkan komentar di sini

Powered by Blogger.